Saturday, March 8, 2014

Pelayanan Rahasia - Secret Service

Seringkali adegan film - film action menyuguhkan ketatnya pengawalan pejabat negara, khususnya negara adifaya Amerika Serikat. Para pria berjas dengan postur tinggi, earpiece yang menempel di salah satu telinga, dan pandangan yang selalu curiga. 

Menlu Amerika Serikat John Kerry, mengunjungi Masjid Istiqlal, 16 Mei 2014, sehari sebelum pertemuan puncaknya dengan Menlu Indonesia Marty Natalegawa. 

Kami, melihat kesibukan para "pelayan rahasia" atau secret service sebelum sang menteri tiba di Istiqlal. Sebuah kelompok yang terdiri dari tiga orang, masuk dari pintu VVIP, pintu yang akan dilintasi Kerry. 20 menit kemudian, mereka keluar lagi. Mengecek jalan yang akan dilintasi mobil rombongan. Tiga orang ini terdiri dari 2 orang berpotongan bule amerika, dan 1 orang plontos dan agak tambun, keturunan Jepang. 

Selain 3 orang ini, masih ada beberapa lain yang sibuk mondar - mandir. Semua bergaya sama, pakai setelan jas rapi, memakai earpiece, dan tampaknya menyembunyikan pistol di pinggang sebelah kanan. "Pasukan" secret serrvice dibantu puluhan orang aparat kepolisian dari Indonesia. Polisi Indonesia juga disebar di luar area masjid Istiqlal. 

Kami tidak diperkenankan mengambil gambar atau mengikuti Kerry. Sebab, hanya wartawan yang terdaftar yang diperkenankan. Dan kami, sudah punya rekan yang terdaftar. Kami hanya memantau dan mengambil gambar Kerry masuk, dan Kerry keluar Istiqlal. Lumayan. Hehehe

No comments: