Monday, December 7, 2015

Inikah Rasanya: Tiba Subuh Hari di Library.

Achievement unlocked!
Being in the library before sunrise. 

I arrived in Level 4 in 08.05 am. 
Sunrise is 8.29 am. 
😎😎

Ya, di bulan Desember ini, matahari terbit lebih 'siang' di Glasgow. Azan shalat subuh adalah jam 06.30, berdasarkan aplikasi Muslim Pro. Walhasil, jam 9 pagi pun masih gelap. Tapi gelap terang bukan acuan bagi kantor, toko, atau bahkan perpustakaan. Swalayan Tesco misalnya, tetap buka jam 6 pagi. Begitupun perpus UoG yang buka jam 07.15. 

Di lantai utama (level 3), pemuda tinggi cepak masih membersihkan lantai dengan penyedot debu. Pemuda bule itu tadi terlihat terburu - buru. Saya pikir lantai parkit di level 3 dibersihkan dengan kain pel, tapi ternyata lantai itu dibersihkan 'hanya' dengan penyedot debu. 

Sementara, saat tiba di level 4, ibu paruh baya berseragam biru tua baru saja membuka ruangan perlengkapan kebersihan di samping toilet perempuan. Pernah saya lihat ibu berseragam serupa membersihkan wastafel toilet dengan kain lap. 

Secara umum, mahasiswa yang menggunakan perpus menjaga kebersihan. Usai menggunakan komputer atau meja belajar, yang saya perhatikan, mahasiswa akan membersihkan sampah dari 'station'nya, mematikan komputer, atau mematikan saklar colokan listrik. 

Di toilet juga. Mahasiswa pengguna toilet relatif bersih. Saat larut malam, saat tidak ada lagi petugas pembersih, toilet masih dalam kondisi yang bisa ditoleransi. Hahaha. 

Omong-omong, saya antusias sekali dengan pencapaian hari ini. Namun, saya masih penasaran untuk pencapaian level selanjutnya, yakni tiba di perpustakaan pukul 07.15. Di website kampus tertera jam buka perpustakaan adalah jam 07.15 hingga jam 02.00 dini hari. 

No comments: