Thursday, July 24, 2008

Pemotretan Buku Tahunan


dari beberapa foto yang ku edit kemaren, ini salah satu fot favoritku. buat yang udah motret, trimakasih ya...

***

Menjadi anak kelas 3 SMA, tampaknya tidak lengkap rasanya jika tidak membuat buku tahunan. Nah, dalam pembuatan buku tahunan ini, kreativitas pemuda putih abu - abu akan tertuang. Meski butuh budget yang tidak sedikit, tapi buku tahunan adalah kenang - kenangan masa SMA yang cukup worht it, dan pastinya, akan menjadi sejarah seiring berjalannya waktu.

Pemotretan buku tahunan yang pernah saya alami, terjadi pada Tahun 2008. Kala itu, sekolah - sekolah favorit berlomba - lomba membuat buku tahunan, selain Pentas Seni atau Pensi, tentu saja. Konsep buku tahunan sekolahku, SMAN 1 Makassar adalah elegan, namun tetap 'gaul'. Namun, setiap kelas diberi kebebasan untuk menentukan gaya dan lokasi pemotretan, asal tidak keluar dari tema besar. 

Kelasku memutuskan kostum yang harus diseragamkan adalah dress untuk cewek, dan baju formal untuk cowok. Lokasinya pun ada dua tempat, yakni terminal kargo Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, dan Kompleks Perumahan Azalea. 

Sekadar tips bagi kawan - kawan yang mau pemotretan Buku Tahunan, jika lokasi pemotretan outdoor, jangan coba - coba motret di sore hari, atau bahkan malam hari. Kecuali, tentu saja, alat yang digunakan fotografer cukup lengkap, dan pencahayaan yang memang mendukung. 

Selain itu, jangan lupa tekankan ke rekan - rekan sekelas, agar mematuhi dresscode yang sudah disepakati. Yang terakhir, usahakan janjian dengan fotografer on time. Disiplin ini perlu, karena pengerjaan buku tahunan sangat bergantung pada materi yang sudah lengkap. Materi tersebut seperti foto, biodata, atau data - data lain yang akan dimasukkan ke Buku Tahunan. Kan tidak seru, kalau kita sudah acara lulus-lulusan, tapiii buku tahunan ternyata belum jadi. 

Semoga bermanfaat :) 

No comments: