Wednesday, September 12, 2012

Fwd: Mahasiswa Duduk Lesehan Bahas Rohingya



Sent from my iPad

Begin forwarded message:

From: Okky Nur Irmanita <okky_90@yahoo.com>
Date: 12 September 2012 12:00:29 WITA
To: "portaltribuntimur@gmail.com" <portaltribuntimur@gmail.com>
Subject: Mahasiswa Duduk Lesehan Bahas Rohingya





Di tengah siang yang terik, sekitar 30 orang mahasiswa berkumpul dan duduk lesehan di Pelataran Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Jln Perintis Kemerdekaan Km. 10 Makassar, Rabu (12/09). Atas inisiasi dari Lembaga Penalaran & Penulisan Karya Ilmiah (LP2KI) dan International Law Students Association (ILSA),terselenggaralah kegiatan diskusi panel dengan tema "Peranan Indonesia pada Penyelesaian Konflik Rohingya".

Menjadi pemateri inti, adalah juga mahasiswa jurusan hubungan internasional Fakultas Hukum Unhas, Kadaruddin Anshari,SH, DFM. Kadaruddin kini menempuh S2 di Fakultas Hukum Unhas, dan pernah mendapat beasiswa untuk program DFM Wina, Austria.

Pada diskusi ini, sempat dikritisi mengapa Indonesia harus turun tangan menbantu etnis Rohingya, padahal masih banyak problem di negeri sendiri. Kadaruddin menjelaskan bahwa, bantuan ke Rohingya adalah tanggung jawab Indonesia di bidang diplomasi internasional. "Harus dibedakan tanggung jawab pemerintah terhadap urusan dalam negeri, dan tanggung jawab pemerintah Indonesia terhadap diplomasi internasional" ungkap Kadar.

Sempat pula disinggung, peran Ketua PMI Jusuf Kalla yang berhasil mempertemukan etnis Rohingya dan Rakhine di Myanmar, serta memberikan bantuan kemanusiaan. "Peran Pak JK di Myanmar bukan hanya dalam konteks organisasi PMI, tapi kehadiran beliau sudah diangguap mewakili pemerintah Indonesia".

Diskusi berlangsung menarik dan interaktif, karena mahasiswa dari berbagai angkatan tidak segan untuk bertanya dan mengkritisi nata sumber. "Kak Kadar juga pengetahuannya luas, dan pernah melakukan banyak penelitian, khususnya soal pengungsi internasional", imbuh Sri Rahayu, mahasiswa hukum angkatan 2009.

Beberapa waktu ke depan, kembali akan diadakan kegiatan di pelataran Fakultas Hukum Unhas ini. Kegiatan tersebut adalah penjurian Lomba Esai dengan tema "Pengkaderan Ideal Bagi Mahasiswa". lomba Esai ini juga diadakan oleh LP2KI.

Pelataran ini memang sering digunakan mahasiswa Hukum untuk berdiskusi, termasuk diskusi filsafat yang rutin dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Hukum Unhas. Selain gratis, tempat ini juga teduh, dan mampu menarik perhatian mahasiswa lainnya.

Okky Irmanita.



Sent from my iPad

No comments: