Tuesday, September 15, 2015

Memilih SIM Card

starter pack Three. Sudah ada 3 ukuran SIM Card
Reguler, micro, dan nano SIM Card
Topik soal SIM Card sudah sering dibahas di grup whatsapp yang berisi calon mahasiswa yang akan ke Glasgow. Di forum ini, ada pula beberap pengurus PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Glasgow. Jadilah, banyak rekomendasi yang bisa diberikan para senior di PPI.

Ada beberapa rekomendasi untuk SIM Card. Murah, tapi sinyalnya aman.. Ternyata sinyal provider ponsel di Glasgow juga isu.

Beberapa provider yang direkomendaskan ke kami adalah 3, EE, Lebara, Lycamobile, Vodafone. Saya mengurutkan berdasarkan popularitas alias seringnya nama provider tadi direkomendasikan kakak - kakak PPI. Hari kedua berada di Glasgow, saya membeli SIM Card merek Lycamobile. Pilihan ini jatuh, selain karena masuk dalam list rekomendasi, juga berdasarkan obrolan dengan Tomo, si anak Jepang yang duduk disamping saya saat di pesawat dari Dubai ke Glasgow.

Saya membeli Lycamobile di minimarket milik orang India, di dekat kantor pos Partick, Dumbarton Road. Starter pack harganya cuma 10 pence alias £0,1. Nah pulsanya ini harganya £10. Si bapak kasir minimarket nanyain saya pakai ponsel apa. Saya bilang iphone. Bapaknya menyarankan, saya tidak top up pulsa dulu. Karena dia tidak yakin, SIM Card ini bisa dipakai di iphone. Baiklah, saya bawa pulang starter packnya, dan mulai ngutak - atik di flat. 

Tadaaa, si Lycamobile ini cuma punya 2 pilihan ukuran SIM Card. Ukuran reguler, dan micro SIM Card. Tidak ada nano SIM Card yang bisa "ditelan" oleh iphone punyaku. 

Hari besoknya, saya jalan - jalan ke City Centre, pusat beli - beli apa saja di Glasgow. Rani, senior yang flatnya saya lanjutkan sewanya, merekomendasikan provider Three. Kebetulan di City Centre ada outlet Three. Ternyata ya, Three ini asalnya dari UK. Lalu ekspansi lah dia ke Indonesia. Three bisa dipakai di seantero UK, dan beberapa negara di Eropa. Bahkan katanya, bisa dipakai lagi sekembalinya kita ke Indonesia. Saya sendiri pernah menggunakan Three selama 1 tahun untuk dipasang di iPad. Saya berhenti langganan, karena ada modem 4G merek Bolt. 

Saya dapat kartu baru, dan membeli voucher £10, lalu pulang ke flat. Sampai di flat, saya mengulang kesalahan kemarin. SIM Cardnya sudah benar, ada ukuran nano, tapi jaringannya tidak terdeteksi di ponsel saya tercinta. Akhhh, harusnya saya minta Mbak - mbak di outlet  Three untuk langsung pasangkan dan registrasi sekaligus melakukan top up paket. 

Akhirnya, keesokan harinya lagi, saya kembali ke outlet Three di City Centre. Lumayan bo, ongkos kereta bawah tanah £3 untuk pulang pergi. Untuk jalan kaki kejauhan, bisa 30 menit dari flat. 

Kali ini, saya dilayani mas - mas ganteng *__*. Saya ceritakan dengan bahasa Inggris saya yang "confident" hahaha. Masnya bilang "Oh, this is weird,.. Its not usually happens, let me check your SIM into my mobile". Dan, si SIM Card naval emang ga berfungsi juga di ponsel Masnya. Nah kan.. 

Lalu masnya berjanji akan memperbaiki keadaan dalam waktu sebentar. Cihuyyy.. 
Oiya, pas iphoneku kuberikan padanya, saya menjatuhkan iphoneku saking gugupnya daku. wahaha. 

Ternyata, setelah dicek, SIM Card nakal ini memang tidak bisa terpakai. Akhirnya saya diberi SIM Card baru, didaftarkan, dan diisikan pulsa £10 yang kemarin saya beli. Oke, kesalahan tidak terulang. Saya tidak mau lagi meninggalkan outlet dengan ponsel yang belum tersambung dengan provider. Semuanya oke, saya senang, masnya juga kelihatannya senang. Hahaha


Menu My3 di three.co.uk
Paket Three yang saya beli diistilahkan pay as you go. Kalau di Indonesia istilahnya prabayar. Selain pay as you go, provider di sini juga menyediakan sistem berlangganan dengan kontrak. Namun, sistem ini tidak disarankan. Karena selesai kontrak, kita harus balik lagi ke outlet dan mengurus administrasi. 

Saya berlangganan paket £10 per bulan. Paket ini termasuk 500 MB Internet, 300 menit nelpon nomor Three, dan 3000 sms gratis. Kata senior - senior, ini sudah lebih dari cukup.. Terutama untuk internet. Soalnya di lingkungan kampus, kita bisa akses wifi  gratis. DI flat, ada wifi juga dari provider SKY dengan tarif unlimited £15 per bulan. 

wah panjang juga ya bahasan soal kebutuhan dasar anak masa kini. Iya, selain tempat dinggal, makanan, pakaian, komunikasi juga sudah jadi keperluan wajib yang akan menyokong hari - hari ke depan. 

1 comment:

Rental Travel Wifi Luar Negeri said...

rental travel wifi luar negeri + connect dari treepmore global aja kaa. dengan kuota unlimited, koneksi stabil, bisa tethering dan harga sangat terjangkau loooh