Saturday, November 21, 2015

Google Tidak Mau Kita Bosan

"Dinamika adalah rutinitas", saya pernah menyampaikan kalimat ini saat ditanya bagaimana sih pekerjaan wartawan itu. Kalimat ini akhirnya tidak hanya tecermin dalam dunia kerja saya, tapi merasuk sampai ke batas saya sebagai individu. Pendek kata, saya cepat bosan.  

Di perpustakaan, seringnya saya "mangkal" di lantai 4. Tapi tidak sepanjang waktu. Dua hari lalu saya menjajal suasana belajar di lantai 9. Lalu sorenya saya hijrah ke lantai 5. Di lantai 4 pun, saya tidak menetap di satu titik. Selain karena tidak ada tempat yang tetap untuk tiap mahasiswa, kembali lagi ke falsafah tadi, dinamika adalah rutinitas. 

Google menerapkan juga ide ini. Mungkin menangkap esensi kalau konsumennya bosan, dengan cepat mereka akan pindah. Terutama di era digital yang sangat kompetitif ini. Dosen saya di kelas pernah menjelaskan apa yang dilakukan Google ini. 

Pertama, tentu agar konsumennya tidak bosan dan berpaling. Kedua, memenangi persepsi konsumennya. Saat kita berulang tahun, halaman Google kita juga akan berubah dengan karakter dan ornamen ala pesta ulang tahun. Juga saat Halloween, google juga mengubah logo di halaman "rumah" alias home nya menjadi tema Halloween. 

Foto di bawah ini saya printscreen tanggal 2 November 2015. Logo Google saat itu ditambahi rumus - rumus. Apa waktu itu hari sains sedunia?. Atau hari ulangtahun Einstein?. Atau simply because Google doesn't want us to be bored?.

Let's Google it!


No comments: