Thursday, December 24, 2015

Ke London, Naik Pesawat, Bus Atau Kereta?

Tiket elektronik setelah booking online melalui website Ryan Air.

Jarak Glasgow ke London menurut Google Map adalah 411 miles atau 661 kilometer. Berikut lama waktu tempuh berdasarkan moda transportasi

1. Bus: 9 - 10 jam
2. Kereta: 4.5 jam
3. Pesawat: 1 jam

Bus yang digunakan untuk perjalanan jauh di Britania Raya umumnya menggunakan jenis Coach. Bus ini lebih gemuk kelihatannya dari luar dan seakan - akan terdiri dari dua tingkat. Padahal, satu tingkat bus ini digunakan untuk ruang bagasi saja, sementara "lantai dua"nya lah yang digunakan untuk tempat duduk penumpang. Saya pernah naik bus jenis ini sekali waktu untuk perjalanan dari Glasgow ke Newcastle selama 4 jam. Kabinnya lebih lega, suspensinya sangat nyaman, ada toilet, dan ada colokan listrik. Operator bus yang terkenal murah adalah Megabus. Pesan dari jauh hari bisa dapat tiket £1 saja. Sementara kalau pesannya sudah mepet, harganya berkisar £25-£30. Harga ini bisa dua kali lipat jika kita memilih sleeper seater. Jadi, selama perjalanan, kita bisa tidur dengan lebih nyaman. Pemesanan tiket bus bisa dilakukan lewat website. Tinggal masukkan nomor kartu kredit ataupun kartu debit, tiket elektronik lantas terkirim di email kita. Tiket juga tidak perlu dicetak alias bisa langsung ditunjukkan di layar ponsel dihadapan petugas bus.

Pilihan kedua, dan boleh dikata pilihan favorit mereka yang ingin ke London adalah Kereta. Kereta bisa jadi pilihan karena, yang signifikan, adalah lebih cepat sampai dibanding naik bus. Kereta yang berangkat siang hari juga memungkinkan kita untuk melihat pemandangan sepanjang jalan. Ada harga ada rupa. Harga naik kereta lebih mahal dibanding bus. Tiket kereta dari Glasgow ke London harganya rata - rata £50 sekali jalan. Namun, kita bisa mendaftar National Rail Card seharga £30 untuk bisa mendapat diskon 30% ke semua rute di bawah operator UK National Rail Services. Kereta juga menawarkan fasilitas sleeper train. Jadi, kita tidak duduk selama perjalanan, tapi dapat kamar sendiri. Harganya juga lebih mahal daripada tarif kereta reguler. Pemesanan tiket kereta bisa melalui website nationalrail.co.uk.

Pesawat yang bisa kita pilih untuk ke London adalah Ryan Air. Maskapai ini adalah maskapai low cost carrier. Tapi jangan khawatir, meski harga murah, tapi pesawat mereka baru. Awalnya saya menyangka pesawatnya akan mirip Lion Air atau Citilink di Indonesia. Memang pesawatnya berjenis sama dengan maskapai Indonesia yang saya sebut tadi, yakni Boeing 737. Namun, kabinnya sangat bersih dan furniturnya juga terlihat baru. Saat ke London kemarin, saya memesan tiket pualng - pergi dengan harga £33 termasuk pajak. Dibanding kereta, ini adalah harga termurah. Tapi, ternyata, ada biaya - biaya lain yang saya harus keluarkan dan bisa dikata kurang diperhitungkan dengan baik sebelumnya. Biaya itu antara lain:
1. transportasi dari kota ke bandara Glasgow senilai £9.5 pulang pergi
2. transportasi dari Bandara London Stansted ke Victoria Station senilai  £20 pulang pergi.

Selain ongkos, waktu untuk berpindah tempat juga tidak beda jauh antara pesawat dan kereta. Saya benar - benar menandai jam saya untuk memastikan penerbangan dari Glasgow ke London adalah 1 jam. Memang iya, waktu takeoff hingga landing pesawat yang saya tumpangi benar - benar 1 jam. Tapiiiiiiii, dari dan ke bandara baik di Glasgow maupun London butuh waktu lama. Dari Bandara Stansted London ke pusat kota saja butuh waktu hampir 2 jam. Begitupun dari Glasgow ke bandara internasional Glasgow butuh 1 jam. Jadi, perhitungan kasarnya, proses "terbang" dari Glasgow ke London makan waktu 4 jam.

Satu lagi yang harus jadi catatan, yakni bagasi serta proses pemeriksaan di bandara.
1. Bagasi gratis selama koper kabin tidak melebihi berat 7kg
2. Pemeriksaan di Bandara (baik Glasgow maupun London) sangat ketat. Kita tidak diperkenankan membawa cairan lebih dari 100 mililiter. Sabun mandi, sabun cuci muka, hingga minyak telon saya dibuang oleh petugas bandara. Iya, benar - benar dibuang di depan mata saya. Hiksss...
Sebelum melewati x-ray kami diminta melepas jaket, menaruh barang elektronik di kotak yang disediakan, serta membuka sepatu. Untuk menuju proses ini, kita harus antre. Sebagai gambaran, pesawat saya dari London ke Glasgow dijadwalkan terbang jam 16.15. Kami tiba di Bandara jam 15.20. Meskipun sudah melakukan check in via website, nyatanya tak ada waktu bersantai bagi kami. Antara pintu terminal ke pemeriksaan boarding pass, ke pemeriksaan x-ray hingga benar - benar ke garbarata jaraknya sangattttttt jauh. Butuh fisik prima deh untuk antre dan jalan kaki yang lama.

Tapi, itulah harga sebuah pelajaran bukan. Yang terpenting, alangkah bersyukurnya saya bisa menginjak London, kota di mana kesepakatan - kesepakatan bisnis dunia dibuat, kota yang jadi inspirasi dan lokasi syuting film - film ternama, kota tempat tinggal para pemikir andal, kota dengan klub sepakbola terbaik di dunia, dan kota dengan segala sophistication lainnya..

1 comment:

EasyTalk said...

Ya ampun kaaak. Dibuang sabunnya wkwkwk