Monday, March 28, 2016

Postgraduate Study Space

Di Main Library UofG, ada sebuah ruangan yang dedicated untuk mahasiswa pascasarjana. Namanya Postgraduate Study Space. Lokasinya di Level 5. Untuk bisa masuk ke ruangan ini, mahasiswa harus memindai ID Card mereka. Selain meja dan kursi yang lengkap dengan colokan, di ruangan ini juga ada beberapa toilet, dispenser air minum, sofa, dan 5 ruang rapat yang bisa dibooking lewat evenbrite.co.uk.

Saya pribadi jarang ke ruang ini karena beberapa alasan:

- too quite. Ruang ini termasuk silent study space. Dilarang berbincang di telepon, makan, dan mengobrol. Saya lebih memilih belajar 'di tengah keramaian' seperti di Level 3 dan Level 4 library. 
Postgraduate study space di Level 5 UofG Library.
Difoto dengan iPhone 5, 28/03/16
- no PC. Di Main Library, ada beberapa area yang memang tidak tersedia PC, termasuk di postgraduate study space ini. Umumnya, mahasiswa di sini termasuk saya, punya laptop masing-masing. Tapi, di tengah pengerjaan esai yang membutuhkan referensi buku lebih dari selusin, tidak membawa PC bisa mengurangi beban yang ditanggung oleh pundak masing-masing hahaha. 
- Tidak ada buku. Saya belajar media management. Jadi buku yang saya perlukan berkisar di tema media, politik, sosiologi, marketing, dan manajemen. Buku - buku ini umumnya ada di level 6 dan lantai 11 (khusus buku bertema media). Jadi, saat masa 'hunting buku' saya akan memilih duduk di level 6 lalu membawanya ke 'meja kerja' saya yang lengkap dengan PC-nya di level 4. 

Pada dasarnya, saya cepat bosan. Maka saya mencoba untuk menghindari rutinitas, termasuk dalam hal - hal kecil seperti "akan duduk di sebelah mana saya ketika di library". 

Yang pasti, library ini menyediakan semua opsi dan mengakomodasi gaya belajar mahasiswa. Kecuali saat musim ujian atau submission tiba. Mahasiswa disarankan untuk datang sepagi mungkin supaya bisa mendapatkan "meja" yang diinginkan. 


No comments: