Monday, March 28, 2016

Latte Gratis

"The coffee is free and £1.30 for the bircher", kata ibu kasir di Library Cafe UofG. Saya mengeluarkan pecahan £5 dan menunggu kembalian. Sejurus kemudian, saya angkat sekotak bircher moesli, satu cup latte, dan kartu warna hitam seukuran ID card.
Mahasiswi yang antre di belakangku bertanya, "Why did you get that free?". Aha, masih banyak yang belum tahu rupanya. Jadi, di setiap kafe di kampus,
mahasiswa bisa meminta loyalty card.
Tiap membeli kopi atau teh jenis apapun, tinggal tunjukkan kartu ini di kasir dan mereka akan menempelkan stempel warna hijau ke kotak - kotak yang ada di kartu. Kalau sudah dapat 9 stempel, kita berhak mendapat satu gelas minuman panas, gratis.

Saya pernah menukar poin di kartu ini di Gilchrist Postgraduate Club - kafe khusus mahasiswa pascasarjana di UofG. Mbak kasir bilang ke saya "do you wanna upgrade to large cup, because it'll also free".. Wah tentu saja! Ahhaha . Rupanya, selain bebas pilih jenis minuman apapun, cup ukuran large juga bisa ditukar saat stempel di kartu ini sudah penuh.

Di foto ini adalah latte gratis saya dan kartu loyalti baru. Selamat pagi dari Glasgow. 

No comments: