Saturday, March 26, 2016

Berakhir Sudah Semester 2



Kamis, 23 Maret 2016 adalah tanggal dimana perkuliahan terakhir saya sebagai mahasiswa MSc Media Management berlangsung. Bertempat di Rankine Building Room 108, Prof. Raymond Boyle mengadakan kuliah berdurasi satu jam yang membahas ulang materi yang telah kami pelajari pada mata kuliah Media and Cultural Policy.

"Some of you will meet me again on the dissertation process. Thank you, have a great easter break", ujarnya menutup kuliah hari itu. 

Ya, easter break.
Hari inj, Jumat (25/3/16) adalah libur nasional untuk seantero Britania Raya.
Merujuk kalender UK yang saya subscribe di iphone, mereka menyebut hari libur ini dengan "Good Friday". 

Pagi tadi, saya lepas landas dari flat saya di Bank Street pada pukul 07.15. Jalan di sekitar kampus, yang jaraknya hanya 5
menit dari flat saya, sungguh teramat sangat sepi. 

Begitupun suasana di Kelvingrove Park. Saya hanya ketemu sekitar 20 orang yang berbeda selama jogging 30 menit di Kelvingrove. 

Setelah cukup berkeringat, saya pulang ke flat, mandi, dan siap-siap berjuang lagi mengerjakan esai Digital Transformation di Main Library. Saya tiba di Library jam 09.47 GMT. Mak, sepi kali library ini. Library cafe yang biasanya sudah dijejali mahasiswa sekarang nampak sangat berbeda. Selain sepi kelihatannya, sepi juga pendengaran saya dari percakapan dan canda tawa yang biasanya lazim ada di library. 

PC station di Lantai 4 yang biasanya begitu "kompetitif" di mata para penghuni Library, kini menyisakan meja dan kursi yang belum di"tag" - alias available untuk siapa saja. 

Saya memilih lantai 6 kali ini. Lantai 6 ini adalah sentra buku ekonomi, sosiologi, dan sejarah. Saya merasa perlu mengecek banyak buku manajemen untuk mengerjakan Report dan Predictive Analysis yang menjadi dua tugas penentu mata kuliah Digital Transformation. 

Saat saya menulis entry ini, jam menunjukkan pukul 22.03 GMT. Biasanya jam segini masih ramai suara tombol - tombol keyboard komputer yang dimainkan oleh rekan mahasiswa. Tapi kini, sepi. Di cluster sekitar saya, tersisa satu mahasiswi Tiongkok dan satu mahasiswa bule. Di cluster lain, tersisa 3
hingga 4 orang mahasiswa saja.

Asumsi saya dan teman - teman yang tidak merayakan libur, perpustakaan jadi sangat sepi karena rekan kami yang lain sidah libur. Krik krik krik. 

Oke, saatnya lanjut mengerjakan PR. Karena eh karena, yang belum rampung tinggal kesimpulan dan daftar pustaka.

Setelah ini, kita move on ke esai berikutnya. 

Salam cinta dari Glasgow.

No comments: