Tuesday, June 12, 2012

Travel Review: Bislab Maros

Jika ditotal, sudah lebih dari 10 tahun saya menghabiskan umur di Makassar. Tapi, saya belum pernah menginjakkan kaki di tempat yang orang sebut dengan Bislab. Bislab adalah akronim dari Bisseang Labboro, suatu spot di Kabupaten Maros. Maros adalah tetangga Kota Makassar. Akses ke pusat kota Maros hanya 30 menit dari Bandara Hasanuddin.

Setelah ada Maros Waterpark, lebih mudah menemukan Bislab. Pintu masuknya tepat di seberang Maros Waterpark. Tidak ada petunjuk jalan, tidak ada gapura, yang jelas, sekitar 200 meter dari jalan poros, ada sebuah bangunan tak terawat. Bangunan ini tempat "penjaga" Bislab. Dan tiap pengunjung ditarik Rp 2.500 per orang untuk biaya pemeliharaan.

Bislab menjanjikan pemandangan sungai berbatu, dengan alam yang masih asri. Sepanjang jalan menuju sungai yang pemandangannya bagus, jalan aksesnya sungguh sangat becek. Makin jauh dari jalan poros, makin sulit menemukan sinar matahari. Itu pula sebabnya, semakin licin jalanan, dan semakin kita harus berhati - hati.

Sesekali di tengah jalan, kami berpapasan dengan orang - orang usia 30-an, memegang jaring berwarna merah. Mereka adalah pemburu kupu - kupu. Daerah Maros, khususnya di sekitar kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, dikenal sebagai lokasi yang banyak dihinggapi hewan yang punya sayap cantik ini.

sepanjang jalan di Bislab
Nah, hampir 2 kilometer jalan kaki di medan berbatu, kami disuguhi pemandangan yang sungguh breathtaking. Gemercik air, keteduhan yang hijau, dan juga aliran yang jernih menyeruak di sekeliling kami. Tapi, ada challenge yang seketika kami hadapi. Untuk menyeberang ke sungai yang lebih bagus pemandangannya, kami harus meniti 3 batang pohon, yang berada di ketinggian sekitar 10 meter. Di bawahnya tidak ada matras, dan tidak ada tali pengaman untuk kami.

Ini dia jembatan mengerikan menuju pemandangan mengesankan
Finally, kami bisa istirahat, sekaligus mengambil gambar dengan riang gembira. Hasil fotonya sudah saya edit, dengan bantuan color efex pro 3.0.

Model: Gitamy Ningrum

Model (ki - ka): Melki Loken, Gitamy Ningrum, Nurul Ulfah
Model (ki -ka): Okky, Gitamy, Nurul, Melki
Oke, selesai sudah foto dipamerkan. Tips bagi Anda yang tertarik ke Bislab:
- Siapkan air minum
- Siapkan Tisu / handuk kecil
- Pastikan Anda sudah ke toilet
- Siapkan kamera, baterai, memory, dll
- Pastikan Anda dalam mood yang bagus.

Sekian dulu travel review Edisi Bisseang Labboro, Maros, Sulawesi Selatan. :)

No comments: